Pertemuan Kesebelas
Globalization, Technology, Mass Media, and Social Change
1. Social Change
Gambar 1. Social Change |
1.1 Theory of Social Change
- Teori Evolusi
Memandang masyarakat bergerak ke arah yang pasti, umumnya maju ke
keadaan yang lebih tinggi.
- Teori Fungsionalis
Fokus pada apa yang mempertahankan sistem, bukan apa itu perubahan
• Equilibrium model : sebagai perubahan yang terjadi di salah satu bagian dari
masyarakat, harus ada penyesuaian di bagian lain.
- Teori Konflik
Perubahan yang diperlukan untuk memperbaiki ketidakadilan sosial dan
ketidaksetaraan.
1.2 Global Social Change : Perubahan sosial tidak selalu mengikuti periode dari
disintegrasi internal
1.3 Resistance to Social Change
- Faktor ekonomi dan budaya
Upaya untuk mempromosikan perubahan sosial yang cenderung untuk bertemu
dengan resistensi.
• Vesten Interests : orang atau kelompok yang menderita akan hal perubahan
sosial.
• Culture Lag : periode ketidakmampuan ketika budaya nonmaterial masih
berjuang untuk beradaptasi dengan kondisi materi baru.
- Resistence to Technology
• Luddities : Menanggapi revolusi industri, beberapa kelompok menggerebek
pabrik dan mesin yang hancur.
2. Technology
Gambat 2. Technology |
Merupakan informasi tentang bagaimana menggunakan sumber daya material dari lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
2.1 Computer Technology
Dekade terakhir terjadi ledakan teknologi komputer yang terjadi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.
2.2 Biotechnology
Memegang sendiri sebagai sesuatu yang benar-benar bermanfaat bagi manusia, tetapi membutuhkan pemantauan konstan. Dapat memungkinkan untuk mengubah hewan dan juga perilaku manusia.
2.3 Social Policy and social change
Transnasional : Imigran yang mempertahankan beberapa hubungan sosial yang menghubungkan masyarakat asal mereka dengan masyarakat pemukiman.
3. The Mass Media
Gambar 3. Mass Media |
3.1 Sociological Perspectives of the Media
3.1.1 Fungsionalist View
• Enforcer of Social Norms
Media menegaskan kembali perilaku yang tepat dengan menunjukkan apa yang terjadi pada orang-orang yang melanggar harapan masyarakat.
• Conferral of Status
Salah satu dari ribuan masalah yang sama ditempatkan atau orang lain
untuk menjadi signifikan.
• Promotion of Consumption
Media advertising dapat mendukung ekonomi, memeberikan informasi,
dan polis biaya dari media.
• Surveillance of the Social Environment
Surveillance Function : pengumpulan dan distribusi informasi mengenai
kejadian di lingkungan sosial.
• Dysfunction : The Narrcotizing Effect
Narcotizing Dysfunction : Fenomena dimana media memberikan
sejumlah besar seperti informasi audiens yang menjadi mati rasa dan
gagal untuk bertindak atas informasi.
3.1.2 Conflict View
• Gatekeeping : bagaimana bahan harus melakukan perjalanan melalui
serangkaian pemeriksaan sebelum mencapai publik.
• Dominant ideology : mengatur keyakinan dan praktik budaya yang
membantu untuk mempertahankan kepentingan sosial, ekonomi, dan
politik yang kuat.
• Stereotypes : generalisasi tidak dapat diandalkan tentang semua
anggota kelompok yang tidak mengakui perbedaan individu dalam
kelompok.
3.1.3 Feminist View
Feminis berbagi pandangan konflik teori bahwa stereotip media massa
menggambarkan realitas sosial. Dan wanita juga kurang terwakili.
3.2 The Audience
Peran dari penonton yaitu sebagai pemimpin opini intrik penelitian sosial
• Opinion leader : seseorang yang melalui hari-hari kontak pribadi dan komunikasi, pengaruh pendapat dan keputusan orang lain.
- Audience behavior
Respon sering dipengaruhi oleh karakteristik sosial yaitu pendudukan, ras,
pendidikan, dan juga pendapatan.
Sumber :
Bahan Kuliah Binus Maya tentang Globalization, Technology, Mass Media, and Social Change. (Diunduh pada 26 Mei 2015)
Holla Ellen materi yang kamu sampaikan sudah bagus sistematis dan menarik tetapi tulisannya masih berantakan len. Aku kasih nilai 83 yah:)
BalasHapus